S1 Hukum Tatanegara Islam (Siyasah Syariyyah)

Jurusan Hukum Tata Negara Islam Lahir sebagai jawaban atas isu kekinian dan permasalahan terkait dengan kebangsaan dan bernegara. sebagai jurusan termuda di Fakultas Syariah (Fasya), Jurusan Hukum Tata Negara Islam merupakan satuan pelaksana akademik fakultas yang memiliki tugas menyelenggarakan disiplin ilmu yang diharapkan mampu memberikan warna dan kontribusi kepada masyarakat sesuai dengan visi dan misi jurusan hukum tata negara islam yang selaras dengan visi Misi FASYA.

Jurusan Hukum Tata Negara Islam tidak terlepas dari keberadaan dan perjalanan Fakultas Syariah (Fasya) dan UIN Palu sebagai perjuangan pendirian perguruan tinggi di Kota Palu dan Sulawesi Tengah. Pendirian Jurusan Hukum Tata Negara Islam dirintis oleh Dekan FASYA IAIN Palu yaitu Dr. Muhammad Akbar, SH., M.Hum. dengan berbagai upaya dilakukan agar pembukaan jurusan baru dapat tercapai dengan melakukan berbagai pendekatan dan melengkapi syarat dan mempersiapkan berbagai dokumen-dokumen pendukung sebagai persyaratan pendirian Jurusan Hukum Tata Negara Islam. Akhirnya pada tahun 2017 Jurusan Hukum Tata Negara Islam memperoleh persetujuan untuk berdiri di FASYA dengan menerima mahasiswa baru angkatan pertama.

Visi

Unggul dan Kompetitif dalam bidang Hukum Tata Negara Islam berbasis Integrasi Ilmu Dan Islam Moderat.

Misi
  1. Mendidik Mahasiswa untuk memiliki SDM yang berkualitas, kompetitif dan profesional di bidang Hukum Tata Negara Islam.
  2. Melaksanakan Penelitian dan pengembangan keilmuan di bidang Hukum Tata Negara Islam.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peningkatan pemahaman, penghayatan dan pelaksanaan Hukum Tata Negara Islam.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalm rangka penerapan Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya di bidang Hukum Tata Negara Islam.
Alamat Website